Cerita Wayang Golek Bharata Narada (Bahasa Sunda dan Indonesia)



Bharata Narada

Sanghyang Caturkaneka nyaéta baraya Sanghyang Tunggal sarta miboga putra anu ngaranna Sanghyang Kanekaputra. Sanghyang Kaneka putra miboga loba kaleuwihan diantara réncang-réncang sebayanya. Manéhna pohara pandai, ulet sarta miboga control emosi anu pohara alus, ku kituna sagala pasualan anu disanghareupanana sok bisa dipungkas kalayan alus sarta sirah tiis. Sipatna anu sok kabetot pikeun diajar sarta memperdalam naon anu geus dipibogana, ngajadikeun dirina Sanghyang anu cukup berilmu sarta rancagé dina ngajalanan kahirupan, pondok kecap dirina miboga pangabisa anu satingkat kalayan para resi sarta menterjemahkan kahirupan ieu.

    Hiji sabot bapana ngawariskeun pakarang sakti anu ngaranna Lingga Manik, kalayan diwariskeunna pakarang kasebut geus barang tangtu nyieun dirina beuki disegani ku saha ogé. Ngan waé kaayaan kawas éta henteu nyieun Sanghyang Kanekaputra sugema, komo dirina pohara terobsesi miboga pangabisa anu ngaleuwihan saha ogé. Alatan ngabogaan kahayang pikeun ngaleuwihan pangabisa para déwa kabéhanana, mangka manéhna indit bertapa ditengah lautan kalayan menggenggam Lingga Manik pikeun nyampurnakeun pangabisana.

Wayang Golek Bathara Narada

    Ayana saurang nonoman tampan anu ngalakonan tapa ditengah lautan sarta ditambah ku daya kakuatan Lingga Manik, nyieun Kahyangan jadi panas sarta gonjang-ganjing. Sanggeus ditempo ku Batara Guru ngaliwatan Kaca Trenggana tétéla hal ieu disebabkan ku Sanghyang Kanekaputra anu keur bertapa. Pikeun nungkulan hal kasebut Batara Guru ngutus para déwa dihandap lulugu Batara Indra pikeun ngageuingkeunana sarta ngabawa ka Kahyangan pikeun diadilan. Para déwa usaha pikeun ngageuingkeun Sanghyang Kanekaputra sarta ménta pikeun daék dibawa ka Kahyangan sarta kudu tanggungjawab ka kaayaan anu lumangsung di Kahyangan waktu éta. Alatan Sanghyang Kanekaputra tetep kekeuh pikeun nuluykeun tapana, para déwa murka sarta maksa Kanekaputra pikeun milu. Ngan waé tétéla pangabisa Sanghyang Kanekaputra tétéla ngaleuwihan pangabisa sakumna déwa anu dating waktu éta.

    Batara Indra kalayan sejata guludugna henteu sanggup mengalahkannnya, kitu ogé jeung Batara Brahma anu mecakan ngabeuleumna henteu junun, dituluykeun ku Batara Bayu anu ngaluarkeun angin puyuh / angin topan pikeun nyapu awak Sanghyang Kanekaputra masih ogé gagal. Batara Wisnu anu milu pikeun membujuk Sanghyang Kanekaputra mecakan pikeun ngéléhkeunana anu dipungkas kalayan penggunan pakarang Cakra Udaksana anu jadi andalan Batara Wisnu. Sajongjonan saméméh ngeunaan awakna Sanghyang Kanekaputra ngomong yén saéstuna Cakra Udaksana éta ngan bisa dikenakan ka jelema anu durjana, angkara murka sarta sok menyusahkan jelema loba. Tétéla kedalan éta nyieun Cakra Udaksana henteu daék nyieun luka Sanghyang Kanekaputra, kalahka ngiles balik ka Batara Wisnu.

    Batara Indra nyanghareup ka Batara Guru sarta memohon ampun alatan pancén anu diembannya gagal dilaksanakeun, ku kituna Batara Guru turun langsung menhadapi Sanghyang Kanekaputra. Awalna Batara Guru ngajak Sanghyang Kanekaputra pikeun henteu neruskeun tapanya, ngan waé Sanghyang Kanekaputra sok nampik komo ngajak Batara Guru berdebat ngeunaan masalah hirup sarta kahirupan. Dina perdebatan éta BataraGuru éléh nenggel sarta kudu ngaku yén Sanghyang Kanekaputra leuwih pandai, wijaksana sarta miboga wawasan anu leuwih lega batan dirina. Minangka pangawasa Kahnyangan rasa ego masih ngasalimutan rarasaan Sanghyang Manikmaya / Batar Guru, dirina ngarasa terhina sarta ambek alatan berdebat. Dina hiji kasempetan Batara Guru mengaluarkan ajian pamungkas anu disebut Kemayan, waktu kena ajian kasebut Sanghyang Kanekaputra robah jadi burukrupa. Pamustunganana Sanghyang Kanekaputra daék milu ka Batara Guru, alatan ngarasa éléh ku Sanghyang Kanekaputra mangka Batara Guru ngagerona Kakang / Lanceuk minangka penghormatan sarta dijadikeunana penasihat Kahyangan, Sanghyang Kanekaputra saterusna ngagunakeun ngaran Batara Narada / Resi Narada. Sajongjonan saméméh indit ka Kahyangan waktu nyarita pahareup-hareup Batara Narada bersedekap jeung leungeun didina jubahnya, ku kituna lengan jubah anu dipaké melambai-lambai tertiup angin. Nempo hal kasebut Batara Guru bergumam dina dirina kawas jelema bertangan opat, waktu itupula kutukan anu kungsi diucapkan Sanghyang Tunggal jadi kanyataan leungeun Batara Guru nambahan ku kituna jadi opat. Sanajan hanjakal geus bergumam dina haté ngeunaan hal kasebut, kaayaan dirina henteu bisa robah balik.

=======================

Versi Bahasa Indonesia

Bharata Narada
Sanghyang Caturkaneka adalah saudara Sanghyang Tunggal dan mempunyai putra yang bernama Sanghyang Kanekaputra. Sanghyang Kaneka putra mempunyai banyak kelebihan diantara teman-teman sebayanya. Dia sangat pandai, ulet dan mempunyai control emosi yang sangat baik, sehingga segala persoalan yang dihadapinya selalu dapat diselesaikan dengan baik dan kepala dingin. Sifatnya yang selalu tertarik untuk belajar dan memperdalam apa yang telah dimilikinya, menjadikan dirinya Sanghyang yang cukup berilmu dan cakap dalam menjalani kehidupan, pendek kata dirinya mempunyai kemampuan yang setaraf dengan para resi dan menterjemahkan kehidupan ini.

    Suatu ketika sang ayah mewariskan senjata sakti yang bernama Lingga Manik, dengan diwariskannya senjata tersebut sudah barang tentu membuat dirinya semakin disegani oleh siapapun. Hanya saja keadaan seperti itu tidak membuat Sanghyang Kanekaputra puas, bahkan dirinya sangat terobsesi mempunyai kemampuan yang melebihi siapapun. Karena memiliki keinginan untuk melebihi kemampuan para dewa semuanya, maka dia pergi bertapa ditengah lautan dengan menggenggam Lingga Manik untuk menyempurnakan kemampuannya.

    Adanya seorang pemuda tampan yang melakukan tapa ditengah lautan dan ditambah oleh daya kekuatan Lingga Manik, membuat Kahyangan mejadi panas dan gonjang-ganjing. Setelah dilihat oleh Batara Guru melalui Kaca Trenggana ternyata hal ini disebabkan oleh Sanghyang Kanekaputra yang sedang bertapa. Untuk mengatasi hal tersebut Batara Guru mengutus para dewa dibawah pimpinan Batar Indra untuk membangunkannya dan membawanya ke Kahyangan untuk diadili. Para dewa berusaha untuk membangunkan Sanghyang Kanekaputra dan meminta untuk mau dibawa ke Kahyangan dan mempertanggungjawabkan situasi yang terjadi di Kahyangan saat itu. Karena Sanghyang Kanekaputra tetap bersikeras untuk melanjutkan tapanya, para dewa murka dan memaksanya untuk ikut. Hanya saja ternyata kemampuan Sanghyang Kanekaputra ternyata melebihi kemampuan seluruh dewa yang dating saat itu.

    Batar Indra dengan sejata petirnya tidak mampu mengalahkannnya, begitu juga dengan Batara Brahma yang mencoba membakarnya tidak berhasil, dilanjutkan oleh Batara Bayu yang mengeluarkan angin puyuh / angin topan untuk menyapu tubuh Sanghyang Kanekaputra masih juga gagal. Batara Wisnu yang ikut untuk membujuk Sanghyang Kanekaputra mencoba untuk mengalahkannya yang diakhiri dengan penggunan senjata Cakra Udaksana yang menjadi andalan Batara Wisnu. Sesaat sebelum mengenai tubuhnya Sanghyang Kanekaputra mengatakan bahwa sesungguhnya Cakra Udaksana itu hanya bisa dikenakan kepada orang yang durjana, angkara murka dan selalu menyusahkan orang banyak. Ternyata ucapan itu membuat Cakra Udaksana tidak mau melukai Sanghyang Kanekaputra, malah menghilang kembali ke Batara Wisnu.

    Batara Indra menghadap kepada Batara Guru dan memohon ampun karena tugas yang diembannya gagal dilaksanakan, dengan demikian Batara Guru turun langsung menhadapi Sanghyang Kanekaputra. Awalnya Batar Guru membujuk Sanghyang Kanekaputra untuk tidak meneruskan tapanya, hanya saja Sanghyang Kanekaputra selalu menolak bahkan mengajak Batara Guru berdebat mengenai masalah hidup dan kehidupan. Dalam perdebatan itu Batara Guru kalah telak dan harus mengakui bahwa Sanghyang Kanekaputra lebih pandai, bijaksana dan mempunyai wawasan yang lebih luas daripada dirinya. Sebagai penguasa Kahnyangan rasa ego masih menyelimuti perasaan Sanghyang Manikmaya / Batar Guru, dirinya merasa terhina dan marah karena berdebat. Pada suatu kesempatan Batara Guru mengaluarkan ajian pamungkas yang disebut Kemayan, saat kena ajian tersebut Sanghyang Kanekaputra berubah menjadi burukrupa. Akhirnya Sanghyang Kanekaputra mau ikut kepada Batara Guru, karena merasa kalah oleh Sanghyang Kanekaputra maka Batara Guru memanggilnya Kakang / Kakak sebagai penghormatan dan dijadikannya penasihat Kahyangan, Sanghyang Kanekaputra selanjutnya menggunakan nama Batara Narad / Resi Narada. Sesaat sebelum pergi ke Kahyangan saat berbicara berhadapan Batara Narada bersedekap dengan tangan didalam jubahnya, sehingga lengan jubah yang digunakan melambai-lambai tertiup angin. Melihat hal tersebut Batara Guru bergumam dalam dirinya seperti orang bertangan empat, saat itupula kutukan yang pernah diucapkan Sanghyang Tunggal menjadi kenyataan tangan Batara Guru bertambah sehingga menjadi empat. Walaupun menyesal telah bergumam dalam hati mengenai hal tersebut, keadaan dirinya tidak bisa berubah kembali.

Setiap orang mempunyai kemampuan dan kepandaian sendiri-sendiri, jangan pernah untuk memaksakan diri untuk menjadi makhluk yang paling mumpuni dan sempurna, karena kesempurnaan hanyalah milik ALLAH SWT Dzat Yang Maha Sempurna. Akui kekurangan kita dan hormati kelebihan orang lain, tidak perlu merasa maul bahkan marah karena kelebihan seseorang. Jangan pernah berbuat licik dan selalu berfikiran positif terhadap orang lain, jangan sekali-sekali mengumpat keadaan orang lain sekalipun dilakukan dalam hati.



cerita wayang, cerita wayang bahasa jawa, cerita wayang kulit, cerita wayang beber, cerita wayang ramayana, cerita wayang golek, cerita wayang mahabarata, cerita wayang arjuna, cerita wayang beber berasal dari, cerita wayang bahasa jawa arjuna,cerita wayang abimanyu dalam bahasa jawa, cerita wayang arjuna bahasa jawa, cerita wayang antasena, cerita wayang adipati karna, cerita wayang adalah, cerita wayang anoman duta, cerita wayang arjuna dan srikandi,cerita wayang bima, cerita wayang bahasa jawa singkat, cerita wayang bahasa jawa semar, bahasa jawa cerita wayang, gaya bahasa cerita wayang,bahasa jawa cerita wayang ramayana, bahasa jawa cerita wayang ramayana sintha kandhusta, cerita wayang b jawa, cerita wayang b.jawa singkat, cerita wayang b.sunda, cerita wayang b.indonesia, cerita wayang b.jawa pendek, cerita wayang cangik, cerita wayang cangik dalam bahasa jawa,cerita wayang cupu manik astagina, cerita wayang cepot,cerita wayang cekak, cerita wayang caranggana, cerita wayang cinta, cerita wayang citraksi, cerita wayang citraksa, cerita wayang candrabirawa dalam bahasa jawa


,cerita wayang dalam bahasa jawa, cerita wayang dewa ruci, cerita wayang dewi sinta dalam bahasa jawa, cerita wayang duryudana dalam bahasa jawa, cerita wayang dewa ruci dalam bahasa jawa, cerita wayang dewi sinta, cerita wayang dewi kunti, cerita wayang dewi anjani, cerita wayang dalam bahasa jawa singkat, cerita wayang dalam bahasa sunda, cerita di wayang, cerita di wayang hari ini, gambar dan cerita wayang, gambar dan cerita wayang kulit, judul dan cerita wayang, tokoh dan cerita wayang, dewa di cerita wayang, cerita wayang ekalaya, cerita wayang epos mahabarata, cerita wayang entus, cerita wayang bambang ekalaya, cerita wayang ki entus, cerita wayang golek erawan palastra, cerita wayang cekel indralaya, cerita wayang wahyu ekajati, cerita wayang dalang entus, cerita wayang ki enthus, cerita wayang full, cerita wayang fabel, cerita wayang versi jawa, cerita wayang free, cerita wayang golek full, cerita wayang kulit full, fungsi cerita wayang, filosofi cerita wayang,fungsi cerita wayang di indonesia, download cerita wayang golek full, cerita wayang gareng, cerita wayang golek bahasa sunda, cerita wayang gatotkaca bahasa jawa, cerita wayang gareng dalam bahasa jawa, cerita wayang gatotkaca gugur, cerita wayang golek si cepot, cerita wayang gugure abimanyu, cerita wayang golek lucu, cerita wayang hanoman, cerita wayang hanoman dalam bahasa jawa, cerita wayang humor, cerita wayang hot, cerita wayang arjuno sosro krido, cerita wayang anoman singkat, cerita wayang hanoman dalam bahasa sunda, cerita wayang hari ini, cerita wayang hasil karya sunan kalijaga, cerita wayang anoman sejarah


cerita wayang indonesia, cerita wayang ing tlatah jawa biasane asale soko kitab, cerita wayang indrajit, cerita wayang india, cerita wayang indrajit dalam bahasa jawa, cerita wayang iku asale soko ngendi, cerita wayang iku asale saka ngendi, cerita wayang ing basa jawa, cerita wayang islam, cerita wayang islami, cerita wayang jawa, cerita wayang jawa singkat, cerita wayang janaka, cerita wayang jawa dalam bahasa jawa, cerita wayang jawa lengkap, cerita wayang jowo, cerita wayang jayadrata gugur, cerita wayang jabang tutuka, cerita wayang jatayu, cerita wayang jawa ramayana, cerita wayang kresna, cerita wayang kumbakarna, cerita wayang kulit bahasa jawa, cerita wayang kulit bahasa indonesia, cerita wayang kumbakarna gugur, cerita wayang kulit semar, cerita wayang kresna dalam bahasa jawa, cerita wayang kulit singkat, cerita wayang kulit wahyu katentreman, cerita wayang lucu ,cerita wayang limbuk, cerita wayang lengkap, cerita wayang laksmana, cerita wayang lucu bahasa jawa, cerita wayang lahirnya wisanggeni, cerita wayang lahire abimanyu dalam bahasa jawa,cerita wayang lahirnya gatotkaca,cerita wayang lahire anoman,cerita wayang mahabarata bahasa jawa,cerita wayang mahabarata bahasa jawa ngoko,cerita wayang modern,cerita wayang maharsi wiyasa,cerita wayang mahabarata dan ramayana,cerita wayang menggunakan bahasa jawa,cerita wayang mahabarata lengkap,cerita wayang mahabarata bahasa jawa singkat,cerita wayang madya,cerita wayang nakula,cerita wayang nakula sadewa,cerita wayang nakula dalam bahasa jawa,cerita wayang nakula sadewa bahasa jawa,cerita wayang nakula bahasa jawa,cerita wayang nakula dan sadewa,cerita wayang nganggo basa jawa,cerita wayang nganggo bahasa jawa,cerita wayang nusantara,cerita wayang nakula nganggo basa jawa,cerita wayang orang,cerita wayang orang sriwedari,cerita wayang orang anoman obong,cerita wayang orang banyak diambil dari kisah,cerita wayang orang mahabarata,cerita wayang online