Macam-Macam Tari Berpasangan Di Indonesia
Macam-Macam Tari Berpasangan Di Indonesia - Tari adalah salah
satu jenis gerak selain senam, bela diri, akrobatik, atau
pantomime.Sebagai seni, tari memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan
seni-seni lain.Seni tari secara umummemiliki aspek-aspek gerak, ritmis,
keindahan, dan ekspresi. Selain itu, seni tari memilkiunsur-unsur ruang,
tenaga, dan waktu.Ruang berhubungan dengan posisi, tingkatan, dan
jangkauan.
1. Tari Saman
Tari Saman adalah sebuah tarian adat yang biasanya ditampilkan pada perayaan peristiwa-peristiwa adat masyarakat Aceh. Pada masa lalu, tari Saman ditampilkan untuk merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad. Nama tari Saman diambil dari nama salah satu ulama besar Aceh, yaitu Syech Saman. Tari Saman memiliki keunikan karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan gerak tepuk dada. Selain itu, tari Saman tidak menggunakan iringan alat musik, tetapi hanya menggunakan suara atau nyanyian dari penarinya yang dipadukan dengan tepuk tangan, tepukan dada, dan tepukan pangkal paha.
Tari Serampang Dua Belas merupakan tari yang terkenal di daerah Melayu, seperti daerah Sumatra Utara (Melayu Deli), Sumatra Barat (ranah Minang), dan Riau (Pekanbaru). Tari Serampang Dua Belas adalah tari pergaulan yang ditarikan dalam bentuk tari berpasangan sejenis atau putra dengan putri. Tari Serampang Dua Belas diciptakan oleh Sauti pada tahun 1940-an. Tari Serampang Dua Belas terdiri atas 12 pola gerak, pola edar, dan tata urutan yang didasari oleh gerakan yang ada dalam tari Melayu, seperti tari Mak Inang, tari Ronggeng Melayu, dan tari Zapin.
Tari Maengket terdiri atas tiga babak, yaitu:
a. Maowey Kamberu, yaitu tarian yang dibawakan pada acara pengucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena hasil panen, terutama panen tanaman padi yang berlimpah.
b. Marambak, yaitu tarian dengan semangat kegotong-royongan (mapalus).
Tarian tersebut menggambarkan rakyat Minahasa yang saling membantu membuat rumah yang baru. Selesai pembangunan rumah, maka diadakan pesta naik rumah baru atau dalam bahasa daerah disebut rumambak yang artinya menguji kekuatan rumah baru. Semua masyarakat di desa tersebut
diundang dalam acara pengucapan syukur.
c. Lalayaan, yaitu tari pergaulan pemuda dan pemudi Minahasa pada zaman dahulu untuk mencari jodoh.
Keistimewaan tari Cakalele terdapat pada tiga fungsi simbol, yaitu sebagai berikut:
Posisi berhubungandengan arah hadap dan arah
gerak. Arah hadap, seperti menghadap kedepan, kebelakang,serong kanan,
dan serong kiri, arah gerak, contohnya menuju kedepan, kebelakang,
memutar,atau zigzag. Tingkatan berhubungan dengan tinggi rendahnya
posisi duduk dan level tinggidengan posisi kaki dijinjitkan atau dengan
meloncat-loncat,.!angkauan berhubungan dengan gerak yang panjang atau
pendek, gerak yang besar atau kecil.Tenaga sangat dibutuhkan dalam seni
tari karena dengan tenaga, tari yangditampilkan lebih kreati".
Tenaga dalam seni tari sangat berhubungan dengan rasa dan
emosi, bukan dengan kekuatan otot. gerakan tari yang dikendalikan dan
diatur dengan tenaga yang berbeda-beda akan membangkitkan kesan yang
mendalam, bukan hanya bagi penonton, juga bagi si penari.
Adapun pembahasan untuk kali ini dalam Pengrtian tari berpasangan yang saya bahas saat ini yaitu Macam-Macam Tari Berpasangan Di Indonesia Bagi anda yang belum tau Macam-macam Tari Berpasangan Di Indonesia gak uasah khawatir lagi ini udah saya siapkan dibawah ini. pahami dalam setiap bacaannya.
Adapun pembahasan untuk kali ini dalam Pengrtian tari berpasangan yang saya bahas saat ini yaitu Macam-Macam Tari Berpasangan Di Indonesia Bagi anda yang belum tau Macam-macam Tari Berpasangan Di Indonesia gak uasah khawatir lagi ini udah saya siapkan dibawah ini. pahami dalam setiap bacaannya.
Baca Juga:
√ Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Sampe
Macam-Macam Tari Berpasangan Di Indonesia
Indonesia memiliki keragaman tarian yang terdiri atas tari tunggal, tari berpasangan, dan tari kelompok. Dapatkah kamu menyebutkan jenis-jenis tari berpasangan dan kelompok nusantara? Cermatilah uraian berikut ini:1. Tari Saman
Tari Saman adalah sebuah tarian adat yang biasanya ditampilkan pada perayaan peristiwa-peristiwa adat masyarakat Aceh. Pada masa lalu, tari Saman ditampilkan untuk merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad. Nama tari Saman diambil dari nama salah satu ulama besar Aceh, yaitu Syech Saman. Tari Saman memiliki keunikan karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan gerak tepuk dada. Selain itu, tari Saman tidak menggunakan iringan alat musik, tetapi hanya menggunakan suara atau nyanyian dari penarinya yang dipadukan dengan tepuk tangan, tepukan dada, dan tepukan pangkal paha.
Lagu-lagu dalam tari Saman terdiri atas:
a. Rengum, yaitu auman yang diawali oleh pengangkat.
b. Dering, yaitu rengum yang diikuti oleh semua penari.
c. Redet, yaitu lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari.
d. Syek, yaitu lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang, tinggi, dan melengking. Biasanya, lagu tersebut merupakan tanda perubahan gerak.
e. Saur, yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo.
a. Rengum, yaitu auman yang diawali oleh pengangkat.
b. Dering, yaitu rengum yang diikuti oleh semua penari.
c. Redet, yaitu lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari.
d. Syek, yaitu lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang, tinggi, dan melengking. Biasanya, lagu tersebut merupakan tanda perubahan gerak.
e. Saur, yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo.
Penari tari Saman berjumlah 10 orang, yang terdiri atas 8
orang penari dan 2 orang pemberi aba-aba sambil bernyanyi. Tari Saman
dipimpin oleh seorang Syech yang bertugas mengatur berbagai gerak dan
menyanyikan syair-syair lagu. Syair lagu dalam tari Saman menggunakan
bahasa Arab dan bahasa Gayo. Tari Saman merupakan media penyampaian
pesan atau dakwah. Oleh karena itu, tari Saman menggambarkan sikap sopan
santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan.
Tari Saman harus ditampilkan dengan keseragaman formasi dan ketepatan waktu. Dengan demikian, seorang penari dituntut untuk memiliki konsentrasi tinggi dan latihan yang serius.
Tari Saman harus ditampilkan dengan keseragaman formasi dan ketepatan waktu. Dengan demikian, seorang penari dituntut untuk memiliki konsentrasi tinggi dan latihan yang serius.
2. Tari Piring
Tari Piring merupakan tarian yang berasal dari daerah Minangkabau, Sumatra Barat. Tari
Piring melambangkan rasa gembira dan syukur para petani atas hasil tanaman mereka. Pada zaman dahulu, tari Piring dibawakan pada saat panen. Namun saat ini, tari Piring bisanya dibawakan pada saat peristiwaperistiwa penting, seperti acara pernikahan. Penari tari Piring adalah putra dan putri.
Tari Piring dibawakan dalam bentuk tari berpasangan putra dan putri yang terdapat dalam sebuah kelompok.
Tari Piring menggambarkan pergaulan muda-mudi yang bercengkrama sambil
bekerja di sawah. Mereka mengolah dan mempersiapkan lahan sawah,
menyiangi tanaman, serta memanen. Kemudian dilanjutkan dengan memisahkan
padi dari batangnya, membersihkan padi, dan menyimpan padi di lumbung
(rangkiang). Para penari bergerak sambil membawa piring di tapak tangan.
Kadangkala, piring dilontarkan ke udara ataupun dihempas ke tanah dan
dipijak oleh para penari.Tari Piring merupakan tarian yang berasal dari daerah Minangkabau, Sumatra Barat. Tari
Piring melambangkan rasa gembira dan syukur para petani atas hasil tanaman mereka. Pada zaman dahulu, tari Piring dibawakan pada saat panen. Namun saat ini, tari Piring bisanya dibawakan pada saat peristiwaperistiwa penting, seperti acara pernikahan. Penari tari Piring adalah putra dan putri.
Tari Piring dibawakan dalam bentuk tari berpasangan putra dan putri yang terdapat dalam sebuah kelompok.
Tari Piring merupakan tarian gerak cepat. Nuansa yang
ditampilkan dalam tari Piring adalah suasana gembira. Tari Piring
menggunakan lagu-lagu yang diiringi musik talempong dan saluang. Tari
Piring sering ditampilkan dengan berbagai variasi, baik variasi gerakan,
jumlah penari, dan busana. (Seni Tari Atang dan Rama)
3. Tari Serampang Dua BelasTari Serampang Dua Belas merupakan tari yang terkenal di daerah Melayu, seperti daerah Sumatra Utara (Melayu Deli), Sumatra Barat (ranah Minang), dan Riau (Pekanbaru). Tari Serampang Dua Belas adalah tari pergaulan yang ditarikan dalam bentuk tari berpasangan sejenis atau putra dengan putri. Tari Serampang Dua Belas diciptakan oleh Sauti pada tahun 1940-an. Tari Serampang Dua Belas terdiri atas 12 pola gerak, pola edar, dan tata urutan yang didasari oleh gerakan yang ada dalam tari Melayu, seperti tari Mak Inang, tari Ronggeng Melayu, dan tari Zapin.
Iringan musiknya menggunakan lagu Dua yang temponya dipercepat. Gerakan
dalam tari Serampang Dua Belas menitikberatkan pada permainan mata,
gerak kaki memutar dan lompatan, ditambah dengan gerak tangan dan tubuh
yang gemulai. Penyajian tari Serampang Dua Belas terdiri atas tiga
bagian, yaitu Mak Inang, Tanjung Katung, dan Lagu Dua. Masing-masing
bagian mempunyai pola irama sendiri-sendiri.
4. Tari Pendet
Tari Pendet merupakan tari kelompok yang berasal dari
Bali. Tari Pendet diciptakan pada awal tahun 70-an oleh I Nyoman Kaler.
Pada awalnya, tari Pendet adalah tari pemujaan yang diperagakan di pura.
Tari Pendet menggambarkan penyambutan atas turunnya dewa dewi ke alam
marcapada.
Dengan
demikian, tari Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan
dalam bentuk tarian upacara. Seiring dengan perkembangan zaman, maka
lambat laun para seniman Bali mengubah tari Pendet menjadi tarian
penyambutan. Namun, tari tersebut tetap menggunakan unsur sakral dan
religius. Tari Pendet ditarikan untuk menyambut kedatangan para tamu.
Taburan bunga disebarkan di hadapan para tamu sebagai ucapan selamat
datang.
Gerakan-gerakan dalam tari Pendet sangat sederhana sehingga dapat
dibawakan oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Oleh karena itu,
tari Pendet dapat dijadikan tarian dasar untuk melatih keterampilan awal
tari Bali. Tari Pendet menggunakan perlengkapan bokor sebagai wadah
untuk membawa taburan bunga.
5. Tari Maengket
Tari Maengket adalah tarian tradisional rakyat Minahasa. Tari Maengket disebut tari pengucapan syukur kepada Sang Pencipta dan tari pergaulan. Pada zaman dahulu, tari Maengket dimainkan pada saat panen padi dengan gerakangerakan sederhana.
Tari Maengket merupakan tari berpasangan. Penari tari Maengket
berjumlah 20 pasang putra dan putri, disertai dengan pemandu tari.Tari Maengket adalah tarian tradisional rakyat Minahasa. Tari Maengket disebut tari pengucapan syukur kepada Sang Pencipta dan tari pergaulan. Pada zaman dahulu, tari Maengket dimainkan pada saat panen padi dengan gerakangerakan sederhana.
Tari Maengket terdiri atas tiga babak, yaitu:
a. Maowey Kamberu, yaitu tarian yang dibawakan pada acara pengucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena hasil panen, terutama panen tanaman padi yang berlimpah.
b. Marambak, yaitu tarian dengan semangat kegotong-royongan (mapalus).
Tarian tersebut menggambarkan rakyat Minahasa yang saling membantu membuat rumah yang baru. Selesai pembangunan rumah, maka diadakan pesta naik rumah baru atau dalam bahasa daerah disebut rumambak yang artinya menguji kekuatan rumah baru. Semua masyarakat di desa tersebut
diundang dalam acara pengucapan syukur.
c. Lalayaan, yaitu tari pergaulan pemuda dan pemudi Minahasa pada zaman dahulu untuk mencari jodoh.
6. Tari Cakalele
Tari Cakalele merupakan tarian tradisional Maluku. Tari Cakalele disebut juga tari kebesaran, karena digunakan untuk menyambut tamu agung, seperti tokoh agama dan pejabat pemerintah yang berkunjung ke daerah Maluku. Tari Cakalele ditarikan oleh 30 orang penari, baik laki-laki maupun
perempuan. Musik yang mengiringi tari Cakalele adalah musik beduk (tifa), suling, dan kerang besar (bia) yang ditiup. Pakaian atau kostum yang digunakan adalah pakaian khas perang zaman dulu, seperti pakaian bangsa Romawi.
Para penari laki-laki mengenakan pakaian perang yang didominasi oleh
warna merah dan kuning tua. Di tangan kanan memegang senjata pedang
(parang) dan di tangan kiri memegang tameng (salawaku). Penari laki-laki
mengenakan topi yang terbuat dari alumunium yang diselipkan bulu ayam
berwarna putih. Sedangkan, penari perempuan mengenakan pakaian warna
putih dan memegang sapu tangan (lenso) di kedua tangannya.Tari Cakalele merupakan tarian tradisional Maluku. Tari Cakalele disebut juga tari kebesaran, karena digunakan untuk menyambut tamu agung, seperti tokoh agama dan pejabat pemerintah yang berkunjung ke daerah Maluku. Tari Cakalele ditarikan oleh 30 orang penari, baik laki-laki maupun
perempuan. Musik yang mengiringi tari Cakalele adalah musik beduk (tifa), suling, dan kerang besar (bia) yang ditiup. Pakaian atau kostum yang digunakan adalah pakaian khas perang zaman dulu, seperti pakaian bangsa Romawi.
Baca Juga:
√ Terlengkap Alat Musik Tradisional Jakarta Beserta Gambarnya
Keistimewaan tari Cakalele terdapat pada tiga fungsi simbol, yaitu sebagai berikut:
a. Pakaian berwarna merah yang dikenakan
oleh penari laki-laki merupakan simbol sikap cinta tanah air terhadap
bumi Maluku dan keberanian orang Maluku dalam menghadapi perang.
b. Pedang pada tangan kanan merupakan simbol harga diri warga Maluku yang harus dipertahankan hingga titik darah penghabisan.
c. Tameng (salawaku) dan teriakan lantang menggelegar pada selingan tarian merupakan simbol gerakan protes terhadap sistem pemerintahan yang dianggap tidak memihak pada masyarakat.
b. Pedang pada tangan kanan merupakan simbol harga diri warga Maluku yang harus dipertahankan hingga titik darah penghabisan.
c. Tameng (salawaku) dan teriakan lantang menggelegar pada selingan tarian merupakan simbol gerakan protes terhadap sistem pemerintahan yang dianggap tidak memihak pada masyarakat.
Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Tari Berpasangan Di Indonesia"